Penyebab Dan Cara Mengatasi Busi Hitam

penyebab dan cara mengatasi busi hitam
Penyebab Dan Cara Mengatasi Busi Hitam
Penyebab Dan Cara Mengatasi Busi Hitam - Pasti pernah mengalami ketika akan mengganti busi pada motor atau mobil, tetapi ujung busi berwarna hitam pekat. Dan biasanya kering dan jika dilap menggunakan kain akan hilang. Lalu, apa penyebab busi menjadi hitam tersebut? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak uraian dibawah ini.


Penyebab busi menjadi hitam dalah karena pembakaran yang terjadi di dalam mesin tersebut tidak sempurna. Sehingga, sisa pembakaran akan menempel pada ujung elektroda busi. Pembakaran yang tidak sempurna tersebut merupakan akibat dari percampuran udara dan bahan bakar pada karburator yang tidak tepat.

Masalah busi hitam ini biasanya ditandai oleh bunyi msin yang terkadang meletup-letup dan tidak lamsam. Selain itu, sisa pembakaran juga akan terasa pedih di mata. Dan mesin tiba-tiba mati sendiri setelah benjalan beberapa saat. Untuk mengatasi permasalahan ini, perikasalah bagian-bagian yang berhubungan dengan proses terjadinya pembakaran seperti yang akan diruaikan berikut ini.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Busi Hitam


1. Saluran Udara Mampet


Penyebab busi menjadi hitam yang pertama adalah saluran udara yang menuju ruang pembakaran mampet. Hal ini tentu saja mengkibatkan terjadinya pembakaran kaya, dimana kombinasi bahan bakar lebih banyak dari pada udara. Sehingga mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan busi menjadi hitam.

Untu mengatasi masalah ini, bersihkanlah filter udara dan saluran angin yang ada di dalam karburator. Yaitu dengan membongkar karburator dan mencucinya dengan bensin, lalu semprot dengan angin agar celah-celah udara dapat mengalir dengan normal.

2. Komposisi Udara Dan Bensin Tidak Tepat


Karburator merupakan pemasok udara dan bahan bakar pada mesin bensin. Oleh karena itu, pengaturan kedua elemen tersebut harus benar-benar tepat, agar pembakaran yang terjadi juga sempurna.

Jika pengaturan antara udara dan bensin tidak tepat, maka akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan busi menjadi hitam. Oleh karena itu, sebaiknya aturlah udara dan bahan bahar sesuai dengan standar pabrik .

3. Ignition Coil / CDI Lemah


Penyebab selanjutnya busi menjadi hitam yaitu ignition coil atau CDI lemah. Hal ini biasanya karena komponen tersebut telah berumur tua. Sehingga, pengapian yang dihasilkan oleh busi menjadi lemah yang mengakibatkan kurang mampunya dalam membakar udara dan bensin.

Untuk mengatasi ignition coil atau CDI lemah, sebaiknya gantilah komonen tersebut dengan yang baru. Karena memang komponen tersebut tidak bisa diperbaiki.


4. Kesalahan Memilih Busi


Kesalahan dalam memilih busi juga merupakan penyebab busi menjadi hitam. Hal ini biasanya terjadi ketika ingin memodifikasi mesin dan mengganti busi dengan tipe lain. Sehingga, akan mengakibatkan proses pemakaran menjadi tidak sempurna.

Mengatasi masalah sepeerti ini cukup mudah. Yaitu dengan selalu menggunakan busi dengan tipe yang benar dan original. Karena, pengarug busi sangat penting dalam proses pembakaran.

5. Kompresi Lemah


Dan penyebab terakhir dari busi menjadi hitam yaitu kompresi pada ruang bakar menurun. Sehingga, pembakaran pun tidak stabil yang mengakibatkan busi menjadi hitam pekat.

Untuk mengatasi kompresi lemah pada mesin, periksalah komponen yang berhubungan dengan masalah kompresi, seperti packing, piston ring, dan kondisi blok silinder. Dan jika menemukan kerusakan pada kompoenen tersebut, lukanlah penggantian pada bagian yang rusak tersebut

Demikianlah ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi busi hitam pada mesin motor atau mobil. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Busi Hitam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel