Cara Membersihkan Karburator Yang Benar

cara membersihkan karburator yang benar
Cara Membersihkan Karburator Yang Benar
Cara Membersihkan Karburator Yang Benar - Gejala yang ditimbulkan dari karburator yang mengalami masalah pada mesin genset yaitu mesin susah untuk dihidupkan. Meskipun ada juga yang mesinnya masih dapat dihidupkan, namun bunyinya tidak stasioner atau tersendat - sendat.

Karburator merupakan bagian dari mesin yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar bensin ke dalam ruang pembakaran. Namun apabila karburator tersebut mengalami kendala, maka penyuplaian bahan bakar menjadi tidak lancar atau bahkan menjadi terhenti karena adanya penyumbatan pada ruang karburator tersebut.

Permasalahan yang sering terjadi pada karburator pada umunya yaitu karburator kotor. Sehingga katup / celah yang ada di dalam karburator tersebut mengalami penyumbatan. Masalah ini dapat kita atasi dengan cara membersihkan seluruh bagian dari karburator tersebut.

Cara Membersihkan Karburator Yang Benar


Sebelum memebersihkan karburator tersebut, sebaiknya siapkan terlebih dahulu wadah dan peralatan seperti obeng, kunci - kunci, kuas, kawat kecil, dan bensin. Setelah itu, barulah kita melakukan pembongkaran pada karburator dan membersihkannya dengan langka - langkah seperti berikut.

1. Lepaskan terlebih dahulu filter udara yang terletak di depan karburator tersebut. Lepaskan semua bagian filter udara tersebut seperti busa dan tempat penahan busa tersebut.

2. Kemudian buka 2 buah mur pengunci karburator tersebut. Setelah itu, lepaskan juga selang bensin, kawat dan pir gas yang menempel pada bagian atas karburator. Kemudian tarik karburator tersebut secara perlahan dan usahakan packing karburator tersebut jangan sampai sobek.

3. Setelah karburator terlepas, bukalah karburator tersebut dengan membuka baut pengunci yang terletak di bawah karburator tersebut. Lepaskan semua bagian mulai dari pelampung, jarum, dan spuyer bensin yang terletak di tengah - tengah karburator.

4. Lepaskan juga spuyer angin dan baut setelan penyupali bensin yang berada di bagian samping karburator.

5. Masukan semua bagian ke dalam wadah yang terisi bensin. Untuk membersihkan spuyer, gunakanlah kawat kecil untuk membersihkan lubang - lubangnya. Untuk bagian lainnya, cukup kita bersihkan dengan menggunakan kuas sampai bersih.

6. Setelah pembersihan selesai, gunakanlah angin ( mesin kompresor ) untuk menyemprot setiap bagian - bagian yang telah dibersihkan menggunakan bensin tadi.

7. Setelah semua bagian kering, pasanglah kembali bagian - bagian tersebut sesuai pada tempatnya dan jangan sampai tertukar atau salah.

8. Kemudian pasang kembali karburator pada mesin dan juga filter udara yang telah dilepas tadi dengan benar.

9. Setelah semua beres, cobalah hidupkan mesin genset tersebut. Kemudian atur baut penyuplai bahan bakar dan baut stasionernya sampai mesin berbunyi normal dan stabil.

Untuk menyetel baut penyuplai bahan bakar, kencangkanlah baut tersebut sampai mentok, dan kendorkan kembali sekitar 1 sampai 2 putaran. Untuk penyetelan baut stasioner, aturlah dengan melihat indikator listrik yang berada pada genset sampai indikator tersebut berada pada 220 votl.

Begitulah langkah - langkah dalam cara membongkar karburator yang benar. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel