iklan di bawah header

Cara Servis Mesin Gerinda Tangan

servis+gerinda+tangan
Cara Servis Mesin Gerinda Tangan
Cara Servis Mesin Gerinda Tangan - Mesin gerinda tangan merupakan perkakas tangan multifungsi yang menggunakan energi listrik untuk mengoperasikannya. Diantara kegunaan mesin gerinda yaitu untuk memotong, meratakan, membuat bentuk, proses finishing, dan lain sebagainya. Termasuk dalam kategori alat yang penting, maka ada kalanya perlu melakukan servis pada mesin gerinda tersebut.

Banyak sekali merk mesin gerinda yang ada di pasaran, seperti modern, bosch, maktec, makita, hitachi, dan lain sebagainya. Dan setiap produk mesin gerinda tersebut pasti memiliki servis center sendiri-sendiri sebagai tempat perbaikan mesin. Namun, pelayanan tersebut biasanya hanya ada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Jogja, Semarang, Surabaya, dan lain-lain. Dan hal itu hanya berlaku jika masa garansi masih berlaku.

Lalu bagaimana kita dapat melakukan servis mesin gerinda jika jauh dari tempat jasa servis? Tentunya hal ini menjadi sebuah kendala apabila tidak begitu paham dengan seluk beluk mesin gerinda tangan. Namun, jangan khawatir dulu, karena pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara servis mesin gerinda tangan tanpa harus dibawa ke tempat servis terdekat. Dan berikut ulasannya.

Cara Servis Mesin Gerinda Tangan


Dalam melakukan servis pada mesin gerinda tangan, kita perlu mengetahui jenis-jenis kerusakaanya. Dengan begitu, akan memudahkan bagi kita untuk memperbaiki segala kerusakan pada mesin gerinda. Selain itu, kita juga harus menyiapkan perlatan yang digunakan untuk melakukan servis, seperti obeng min, obeng plus, treker bearing, dan multitester untuk mengecek bagian kelistrikannya.

Cara Servis Mesin Gerinda Mati Total


Jika mesin gerinda tangan mengalami mati total atau tidak hidup sama sekali, lakukanlah pengecekan pada bagian-bagian berikut ini.

  • Periksa Carbon Brush

Setiap mesin gerinda tangan memiliki carbon brush yang berfungsi sebagai penghantar listrik. Jika carbon brush tersebut habis, maka aliran listrik dari stator ke armatur akan terputus. Oleh sebab itu, jika carbon brush telah habis, gantilah dengan yang baru.

  • Periksa Kabel Listrik

Caranya yaitu dengan membongkar bagian belakang mesin, kemudian gunakan multitester untuk mengecek kabel. Jika terdapat kabel yang tidak terhubung, maka gantilah dengan kabel listrik yang baru.

  • Periksa Tombol Saklar

Tombol saklar adalah komponen yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Untuk mengeceknya, gunakan multitester. Tempelkan kabel probe pada terminal saklar dan pindahkan tombol saklar tersebut secara bergantian ke posisi on/off. Jika saklar sudah tidak berfungsi dengan baik, segeralah ganti saklar tersebut.

  • Periksa Kondisi Stator

Stator merupakan bagian mesin gerinda tangan berupa gulungan kawat tembaga. Untuk mengecek kondisi stator apakah putus atau tidak, kita harus menggunakan multitester.

Caranya yaitu dengan menempelkan kabel probe pada rumah carbon brush, kemudian tempelkan kabel probe satunya lagi ke kabel yang keluar dari stator tersebut. Periksalah secara bergantian, jika ada yang tidak terhubung, maka kita harus mengganti stator tersebut.

Cara Servis Mesin Gerinda Tangan Suara Kasar


Adapun masalah lain yang sering terjadi pada mesin gerinda tangan, yaitu suara mesin kasar. Jika mengalami masalah tersebut, periksalah beberapa bagian mesin gerinda yang menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu :

  • Periksa Kondisi Bearing

Pada mesin gerinda tangan, terdapat tiga buah bearing yang masing-masing terdapat pada armatur dan kepala gerinda. Lakukan pengecekan pada setiap bearing dengan cara membongkar bagian dalam mesin. Jika ada bearing yang sudah aus atau koclak, segeralah ganti dengan yang baru yang berukuran sama.

  • Periksa Kondisi Roda Gigi

Roda gigi merupakan bagian yang berfungsi sebagai transmisi putaran dari sumber penggerak ke batu gerinda. Jika kondisinya sudah aus, maka akan menimbulkan bunyi kasar pada mesin gerinda. Dan untuk cara mengatasinya, yaitu dengan mengganti roda gigi tersebut dengan yang baru.

Cara Servis Mesin Gerinda Keluar Api


Masalah ini biasanya terjadi pada mesin gerinda tangan yang sudah berumur, yaitu keluar perciakan api di dalam mesin. Dan kerusakan ini biasanya disertai dengan carbon brush yang cepat habis. Jika terjadi masalah seperti ini lakukanlah pemeriksaan pada bagian armatur.

Penyebab kerusakan keluar api pada mesin gerinda adalah bagian kolektor pada armatur telah aus atau berbentuk cekung. Sehingga mengakibatkan carbon brush cepat habis. Jika mengalami hal seperti itu, maka kita harus mengganti armatur mesin gerinda.

Cara Servis Mesin Gerinda Cepat Panas


Jika mesin gerinda baru digunakan sebentar saja sudah panas, maka bagian-bagian yang harus diperiksa yaitu sebagai berikut.

  • Periksa Bagian Bearing

Mesin gerinda yang sering digunakan, akan menyebabkan pelumas bearing menjadi kering dan habis. Hal itu mengakibatkan bearing menjadi seret dan menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Untuk itu, periksalah masing-masing bearing yang ada. Jika ada yang seret, langsung saja ganti dengan yang baru.

  • Armatur Bocor (Korsleting)

Kebocoran pada armatur merupakan kondisi dimana gulungan pada armatur ada yang terkelupas dan mengakibatkan korsleting. Hal ini juga dapat menyebabkan mesin gerinda nyetrum ketika digunakan.

Untuk mengecek kondisi armatur tersebut yaitu dengan menggunakan multitester. Periksalah setiap jalur kawat tembaga yang terkait pada bagian kolektor. Jika ada yang terhubung, berarti armatur mengalami kebocoran dan harus diganti.

Demikianlah pembahasan mengenai cara servis mesin gerinda tangan yang dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus dibawa ke tukang servis. Dan ini berlaku untuk segala merk mesin gerinda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel