iklan di bawah header

Cara Menggunakan Obeng Ketok Yang Benar

cara+menggunakan+obeng+ketok
Cara Menggunakan Obeng Ketok Yang Benar
Cara Menggunakan Obeng Ketok - Obeng ketok atau impact driver adalah salah satu jenis obeng yang menggunakan mekanisme sliding untuk membuka dan mengencangkan sekrup atau baut yang memiliki torsi yang kuat. Namun, secara umum obeng ketok ini digunakan untuk melepas baut atau sekrup yang susah dibuka.

Cara kerja obeng ketok ini sebenarnya sama dengan jenis-jenis obeng lainnya, yaitu gerakan putaran ke kiri untuk membuka baut dan putaran ke kanan untuk mengencangkan baut. Namun, pada bagian ujung bawah dari obeng ketok ini terdapat mekanisme sliding jika bagian ujung atas obeng (gagang) mendapat tekanan. Sehingga menyebabkan sliding otomatis pada bagian ujung bawahnya yang mengakibatkan mata obeng ketok akan berputar.

Pada bagaian ujung bawah obeng ketok terdapat soket yang berfungsi untuk mengganti mata obeng. Karena jenis obeng ini dapat digunakan untuk bermacam-macam mata obeng yang dapat diganti-ganti sesuai dengan bentuk kepala baut yang akan kita lepas atau dikencangkan. Misalnya kita akan melepas baut yang memiliki kepala berbentuk plus, maka kita juga harus memasang mata obeng ketok dengan bentuk plus. Jangan menggunakan mata obeng yang tidak tepat, karena dapat merusak baut atau obeng ketok itu sendiri.

Cara Menggunakan Obeng Ketok Yang Benar


Dalam menggunakan obeng ketok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kepala baut. Dan berikut merupakan cara menggunakan obeng ketok yang benar.

1. Pilihlah Obeng Ketok Berkualitas Baik


Kualitas obeng ketok yang baik dapat dilihat dari bahan material pembuatannya. Bahan material yang baik akan mampu digunakan untuk melepas mau pun mengencangkan baut yang keras dan susah dibuka tanpa menyebabkan kerusakan mata mata obeng dan obeng ketok itu sendiri.

2. Pasang Mata Obeng Yang Sesuai


Sebelum menggunakan obeng ketok, pasanglah mata obeng yang sesuai dengan bentuk kepala baut yang akan dilepas atau dikencangkan. Jangan menggunakan mata obeng yang salah karena dapat merusak mata obeng atau kepala baut.

3. Tepatkan Ujung Mata Obeng Dengan Lubang Kepala Baut


Setelah memilih mata obeng yang cocok, tepatkan ujung mata obeng tersebut tepat berada pada lubang kepala baut secara tegak lurus, agar ketika obeng diketok, mata obeng tidak meleset keluar.

4. Putar Obeng Ketok Sesuai Penggunaan


Jika kita akan melepas baut, maka putarlah obeng ketok ke arah berlawanan dengan jarum jam (ke kiri). Begitu sebaliknya, jika kita akan mengencangkan baut, maka putarlah obeng ketok tersebut searah dengan jarum jam ( ke kanan).

5. Pukuklah Ujung Batang Obeng Ketok Dengan Palu


Langkah terakhir yaitu memukul ujung batang obeng ketok dengan menggunakan palu sambil menekan batang obeng ketok tersebut agar tidak meleset. Dengan begitu, maka secara otomatis baut akan mengendur atau mengeras setelah memukul ujung batang obeng.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan obeng ketok yang benar. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel