iklan di bawah header

Cara Mengganti Spul Mesin Bor Listrik

cara+mengganti+spul+mesin+bor
Cara Mengganti Spul Mesin Bor Listrik

Cara Mengganti Spul Mesin Bor Listrik - Setiap perangkat listrik yang menggunakan sumber penggerak elektromotor, biasanya terdapat komponen yang bernama spul atau carbon brush. Sebagai contoh adalah mesin bor listrik, alat ini memiliki spul yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke bagian rotornya.

Selain mesin bor, banyak alat-alat lainnya yang menggunakan spul, seperti mesin gerinda, mesin bor, mesin serut, mesin cyrcle, dan lain sebagainya. Dan apabila spul pada peralatan tersebut habis, maka harus diganti dengan yang baru.

Spul itu sendiri terbuat dari bahan konduktor yang bersifat lunak, sehingga apabila mesin yang menggunakannya spul tersebut digunakan terus menerus, maka spul akan aus dan habis. Tanda-tanda spul habis dapat terlihat dari mesin yang tidak bisa dinyalakan.

Dalam mengganti spul, kita harus memperhatikan ukurannya. Jangan sembarang memasang spul pada perangkat elektromotor yang dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian rotor. Dan pada kesempatan kali ini, akan membahas tentang bagaimana cara mengganti spul pada mesin bor listrik. Bagi yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, silahkan simak panduan berikut ini.

Cara Mengganti Spul Mesin Bor Listrik


Sebelum melakukan penggantian spul pada mesin bor, kita harus menyiapkan terlebih dahulu spul yang baru dan juga obeng sebagai alay untuk membongkar kerangka mesin bor. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

 1.  Pastikan mesin bor tidak terhubung dengan sumber listrik sebelum melakukan pembongkaran.

 2. Langkah pertama yaitu melepas seluruh baut pengunci kerangka dengan menggunakan obeng.

 3.  Jika baut sudah terlepas semuanya, bukalah kerangka mesin bor. Jika susah, kita bisa menggunakan ujung mata obeng untuk mencukilnya.

 4.  Ambilah rumah spul yang terletak pada bagian atas dan bawah rotor. Kemudian lepaskan spul yang sudah aus atau habis.

 5.  Pasang spul yang baru pada rumahnya, kemudian tempatkan kembali rumah spul pada dudukannya.

 7.  Jika spul telah terpasang dengan benar, pasang kembali kerang mesin bor dan kencangkan seluruh baut penguncinya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengganti spul mesin bor listrik. Pastikan ukuran spul sama dengan spul yang lama, karena setiap merk mesin bor memiliki ukuran spul yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel