Macam - Macam Sambungan Pipa PVC Dan Fungsinya

macam-macam sambungan pipa pvc dan fungsinya
Macam - Macam Sambungan Pipa PVC
Macam - Macam Sambungan Pipa PVC Dan Fungsinya- Dalam menginstalasi pipa PVC untuk jalur air, pasti pernah mendapati medan yang tidak beraturan dan tidak selalu lurus. Agar meraih hasil yang maksimal, tentu saja perlu melakukan sambungan (fitting), belokan, perubahan ukuran pipa, sampai pengaturan cabang sambungan pipa 4 arah yang berbeda.

Selain itu, dalam melakukan sambungan pipa, kita juga harus teliti dalam menentukan jenis dan ukuran sambungan pipa yang digunakan. Berikut ini merupakan macam-macam sambungan pipa PVC yang sering digunakan dalam instalasi pipa air.


Macam - Macam Sambungan Pipa PVC Dan Fungsinya


1. Socket PVC

sambungan pipa socket
Socket 
Socket merupakan sambungan pipa PVC yang paling sering digunakan. Fungsinya untuk menyambung dua pipa yang memiliki ukuran diameter sama. Berdasarkan jenisnya, socket terbagi menjadi dua, yaitu socket drat dan socket biasa (tanpa ulir).Dan socket drat juga dibagi menjadi dua, yaitu socket drat luar dan socket drat dalam.

2. Elbow PVC

sambungan pipa elbow pvc
ELbow
Elbow adalah jenis sambungan pipa PVC yang digunakan untuk menghubungkan dua buah pipa yang membelok. Berdasarkan sudutnya, elbow terbagi menjadi dua, yaitu elbow 90° dan elbow 45°. Untuk jenis penyambungannya, ada dua macam elbow, yaitu elbow drat (elbow drat luar/elbow drat dalam) dan elbow biasa.

3. Tee Stuck PVC

sambungan pipa T
Sambungan T
Tee Stuck PVC lebih dikenal dengan sambungan T. Fungsinya yaitu untuk menyambung tiga buah pipa yang membentuk siku-siku. Biasanya digunakan untuk membuat cabang pipa utama menjadi dua jalur, yaitu ke kanan dan ke kiri. Variasi lainnya dari tee stcuk ini yaitu Y stuck yang memmang mirip seperti huruf Y.

4. Reducer PVC

sambungan pipa reducer pvc
Reducer
Reducer PVC ini hampir sama dengan socket. Yang membedakannya yaitu reducer ini digunakan untuk menyambung pipa yang memiliki diameter berbeda. Bisa mengecilkan atau membesarkan diameter pipa yang akan disambung. Berdasarkan fungsinya, reducer terbagi menjadi dua, yaitu reducer elbow (siku-siku) dan reducer socket (lurus).

5. Water Mur PVC

sambungan pipa water mur pvc
Water Mur
Water mur merupakan jenis variasi dari socket PVC. Namun, water mur ini memiliki mur pengunci pada kedua ujung socketnya. Sehingga, sambungan pipa lebih kuat. Selain itu,  water mur ini juga lebih mudah dilepas jika akan melakukan penggantian pipa yang bocor.

6. Cross PVC

sambungan pipa cross cabang 4
Cross Cabang 4
Cross PVC merupakan sambungan pipa yang memiliki 4 arah jalur. Fungsinya untuk membagi satu jalur pipa menjadi 3 arah dengan diameter pipa yang sama. Yaitu ke kiri, ke kanan, dan lurus kedepan. Dengan menggunakan cross PVC ini, maka air akan mengalir ke tiga arah yang berbeda dengan kapasitas yang sama.

7. P-Trap Adapter PVC

sambungan pipa p-trap adapter
P-Trap Adapter
P-Trap PVC merupakan sambungan pipa yang memiliki variasi bentuk yang unik. Fungsinya yaitu untuk menyambung pipa pada area sempit dan tidak beraturan. Sehingga memungkinkan terjadinnya beberapa sambungan pipa dengan jarak yang dekat.

8. Nipple PVC

sambungan pipa nipple pvc
Nipple
Nipple PVC merupakan jenis sambungan yang memiliki drat pada kedua ujungnya.  Dengan tujuan agar sambungan lebih kuat. Nipple PVC ini juga sering digunakan pada ujung pipa yang akan dipasang kran air.

9. Cap PVC

sambungan pipa cap pvc
Cap 
Cap PVC adalah penutup pipa. Fungsinya untuk menutup ujung pipa yang tidak terpakai. Berdasarkan jenisnya, cap PVC  terbagi menjadi dua, yaitu cap socket dan cap drat. Cap socket biasanya digunakan untuk menutup secara permanen. Sedangkan cap drat merupakan penutup yang bersifat sementara.

Itulah uraian mengenai macam-macam sambungan pipa PVC dan fungsinya yang sering digunakan untuk menyambung dua buah pipa atau lebih. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam - Macam Sambungan Pipa PVC Dan Fungsinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel