Macam - Macam Mesin Genset

macam-macam mesin genset
Genset Bensin
Macam - Macam Genset - Mesin genset merupakan mesin yang dapat menghasilkan energi listrik. Fungsi mesin genset ini yaitu sebagai alternatif pengganti sumber listrik ketika terjadi pemadaman listrik PLN. Dari waktu  ke waktu, mesin genset terus dikembangkan dan menuai berbagai macam jenis genset. Mulai dari genset yang berukuran kecil hingga besar, serta ukuran kapasitas tegangan listrik yang rendah sampai yang tinggi.


Selain itu, merk produk yang dipasarkan juga semakin ramai, mulai dari genset yang diproduksi oleh pabrikan ternama hingga genset keluaran terbaru yang dibuat oleh pabrikan China. Di samping itu, harganya pun sangat bervariasi, dari yang murah sampai yang paling mahal. Dan berikut merupakan macam-macam mesin genset berdasarkan mesin penggerak, jenis bahan bakar, dan ukuran kapasitas daya listrik yang dihasilkan.


Macam - Macam Mesin Genset


1. Genset Turbin


Genset turbin adalah jenis mesin genset yang penggerak generatornya berupa turbin. Jenis turbin yang sering digunakan adalah turbin air, turbin udara, dan juga turbin uap. Dari turbin-turbin tersebut nantinya akan menghasilkan gerak rotasi yang akan memutar generator dan sehingga menghasilkan energi listrik. Genset turbin ini merupakan jenis mesin genset yang dapat menghasilkan kapasitas tegangan terbesar, yaitu mencapai 2 Mw (2.000.000 watt).

2. Genset Diesel


Genset diesel merupakan jenis mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar. Sudah terbukti bahwa mesin penggerak solar memiliki tenaga yang kuat, sehingga genset diesel ini juga dapat menghasilkan tegangan listrik yang besar. Ukuran kapasitas daya listriknya berkisar antara 5.000 watt sampai 2 Mw. Karena memiliki suara yang keras, genset diesel ini biasanya dilengkapi dengan sistem kedap suara untuk mengurangi kebisingannya.

3. Genset Bensin


Genset bensin adalah mesin genset yang menggunakan mesin penggerak berbahan bakar bensin untuk menggerakan generatornya. Genset bensin ini dibagi menjadi dua, yaitu genset bensin 2 tak dan 4 tak. Genset bensin 2 tak menggunakan bensin campur (bensin+oli samping 2 tak) dan memiliki kapasitas ukuran di bawah 1000 watt. Sedangkan genset bensin 4 tak menggunakan bahan bakar bensin murni dengan kapasitas daya listrik yang bervariasi hingga mencapai 12.000 watt.


4. Genset Tenaga Surya


Genset tenaga surya merupakan jenis genset yang dioperasikan menggunakan tenaga matahari. Tenaga panas matahari yang diserap dan disimpan dalam panel surya, ternyata dapat menghidupkan sebuah generator yang menghasilkan energi listrik. Panel-panel surya tersebut biasanya terletak diatas gedung-gedung tinggi yang mudah terjangkau oleh matahari.

5. Genset Gas


Genset gas merupakan jenis genset yang bahan bakarnya menggunakan gas. Gas yang digunakan untuk mengoperasikan genset ini berupa jenis gas LPG. Genset gas ini sebenarnya merupakan jenis genset bensin. Dimana saluran pengisian bahan bakarnya diganti dengan gas. Dan genset gas ini merupakan penemuan baru yang masih dikembangkan. Sehingga masih jarang yang menggunakan genset gas ini untuk keperluan pengganti sumber listrik.

Itulah beberapa macam-macam genset yang perlu diketahui sebagai wawasan ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam - Macam Mesin Genset"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel