Cara Setting Ketinggian Pelampung Karburator

Cara Setting Pelampung Karburator
Cara Setting Ketinggian Pelampung Karburator - Melakukan service karburator, merupakan upaya penting dalam menjaga performa mesin. Namun, ada beberapa bagian yang harus disetting ulang setelah melakukan service pada karburator. Salah satunya yaitu pelampung karburator. Lalu, bagaimana cara setting  pelampung karburator tersebut?

Pelampung karburator merupakan bagian yang berfungsi untuk menekan jarum karburator  agar bensin berhenti mengalir ke dalam mangkuk karburator apabila telah terisi penuh. Tinggi rendahnya setelan pelampung ini sangat mengengaruhi kesetabilan mesin. Oleh karena itu, penyetelan tersebut harus benar-benar tepat agar tidak terjadi masalah seperti mesin brebet atau malah mati.


Cara Setting Pelampung Karburator Yang Benar

cara setting pelampung karburator
Cara Setting Pelampung Karburator
Untuk mengatur posisi pelampung karburatot, caranya sangat mudah. Yang perlu diperhatikan adalah kemiringan permukaan pelampung karburator tersebut. Jika karburator dalam keadaan terbongkar, balikan posisi karburator tersebut.

Kemudian lihatlah kemiringan pelampungnya, jika miring ke bawah, naikanlah posisi pelampung tersebut dengan menekan pelat yang berada di atas jarum karburator hingga rata-rata air. Tetapi, jika pelampung miring ke atas, turunkan lah dengan cara membengkokkan pelat pelampung ke atas hingga pelampung terlihat lurus (rata-rata air).

Perlu diperhatikan ketika pengatur ketinggian karburator tersebut, jika penyetelan pelampung karbuatator terlalu rendah, maka bisa menyebabkan terjadinya karburator banjir dan mengakibatkan mesin susah hidup.


Begitu juga sebaliknya, jika penyetelan pelampung terlalu tinggi, maka penyupaian bahan bakar akan mengalami tekor karena kapasitas bahan bakar di dalam mangkuk karburator terlalu sedikit. Dan hal ini dapat mengakibatkan mesin mati ketika setelah melakukan akselerasi.

Dengan begitu, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk menyetel pelampung karburator yaitu posisi pelampung berada pada rata-rata air dan jarum karburator menutup. Atau boleh juga dengan kemiringan sekitar 1 mm ke atas untuk menghindari terjadinya karburator banjir.

Demikianlah ulasan mengenai cara setting pelampung karburator. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Setting Ketinggian Pelampung Karburator "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel