Cara Menghidupkan Dan Mematikan Genset

cara menghidupkan dan mematikan genset
Cara Menghidupkan Dan Mematikan  Genset
Cara Menghidupkan Dan Mematikan Genset - Banyak orang yang masih salah dalam  cara menyalakan mesin genset. Sehingga, mengalami gagal start dan genset tidak hidup. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini tehnikmesin.com akan membahas secara lengkap bagaimana cara menghidupkan dan mematikan genset yang benar.

Sebagai alat yang memiliki peranan penting dalam kebutuhan cadangan listrik, tentu saja kita perlu tahu cara menghidupkannya. Agar suatu saat jika terjadi mati lampu, kita langsung dapat menggunakannnya dan memanfaatkan energi listrik yang keluar dari genset tersebut.

Bagi yang belum tahu cara menghidupkan mesin genset, panduan berikut ini mungkin akan menjadi jawaban dari langkah-langkah megoperasikankan mesin genset yang benar.


Cara Menghidupkan Dan Mematikan Genset


1. Pertama, pastikan genset telah terisi bahan bakar dan oli mesin sesuai takarannya. Untuk genset 4 tak, isilah bensin murni dan oli mesin tipe se-40. Sedangkan untuk genset 2 tak, isilah dengan bensin campur (bensin murni+oli samping).

2. Kemudian, tekan saklar genset ke posisi ON. Pada mesin genset yang menggunakan starter, putarlah kunci ke kanan sampai di tulisan ON.

3. Setelah itu,  geser choke genset ke posisi tertutup. Pada genset, choke terletak di dekat karburator. Dan  biasanya terdapat tanda choke terbuka dan tertutup.

4. Langkah selanjutnya yaitu mengengkol tarikan starter. Untuk genset tipe manual, tarikalah recoil starter (tarikan start) dengan kuat. Sedangkan untuk genset starter, geser kunci ke kanan untuk menghidupkannya.

5. Setelah genset hidup, kembalikan posisi choke terbuka. Jangan sampai lupa mengembalikan posisi choke setelah genset hidup. Karena akan mengakibatkan kerusakan pada mesin genset tersebut.

6. Untuk menggunakan listrik genset, tancapkan steker alat listrik yang akan dinyalakan ke stop kontak yang ada di mesin genset. Kemudian, geser switch breaker genset ke posisi on. Dan alat listrik yang terhubung ke genset siap digunakan.

7. Untuk menggunakan listrik genset sebagai pengganti listrik PLN saat mati lampu, caranya sama seperti pada no.6. Tetapi, harus mematikan MCB meteran listrik terlebih dahu. Agar tidak terjadi tabrakan arus ketika listrik PLN hidup yang mengakibatkan kerusakan pada mesin genset.

8. Untuk mematikan genset, cukup menekan saklar genset ke posisi OFF. Dan untuk genset starter, putar kunci ke kiri sampai mentok. Hindari mematikan genset dengan cara menutup choke yang menyebabkan genset akan susah dihidupkan saat akan digunakan kembali.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghidupkan dan mematikan genset. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel