Cara Pasang Jalur Kabel Kapasitor Mesin Pompa Air

cara pasang jalur kabel kapasitor mesin pompa air
Cara Pasang Jalur Kabel Kapasitor Mesin Pompa Air
Cara Pasang Jalur Kabel Kapasitor Mesin Pompa Air - Salah satu penyebab mesin pompa air tidak hidup yaitu kapasitor pompa air tersebut mengalami kerusakan. Ada 2 jenis kerusakan pada kapasitor pompa air yang perlu diketahui, yaitu kapasitor lemah dan kapasitor meleleh (terbakar).

Tanda (gejala) dari kapasitor pompa air lemah yaitu mesin hanya mendengung tetapi tidak berputar ketika kabel mesin pompa air dicolokan. Sedangkan jika kapasitor terbakar, maka mesin pompa air tidak bisa hidup sama sekali.


Kapasitor pada mesin pompa air berfungsi sebagai pengankat daya dinamo mesin pompa air pada  pada saat proses awal menghidupkan mesin pompa air. Setelah mesin pompa air menyala, maka kapasitor tersebut akan terputus secara otomatis.

Dalam beberapa permasalahan pada mesin pompa air, yang sering terjadi yaitu kapasitor pompa air tidak berfungsi. Hal ini disebabkan oleh suhu panas yang dirambatkan oleh dinamo penggerak mesin pompa air. Sehingga kapasitor akan melemah atau meleleh.

Untuk mengetahui kapasitor pompa air yang masih berfungsi atau tidak, dapat menggunakan multitester untuk mengeceknya. Caranya yaitu lepaskan kapasitor dari mesin pompa air. Kemudian setting multitester pada posisi ohm, lalu tempelkan kedua ujung probe pada kedua kabel kapasitor.

Jika jarum multitester bergerak dan langsung kembali, maka kapasitor masih bagus (berfungsi). Tetapi jika tidak kembali atau jarum multitester tidak bergerak sama sekali, maka kapasitor tersebut telah rusak.
Jika mesin pompa air mengalami kerusakan yang disebabkan oleh kapasitor, maka harus mengganti kapasitor baru. Namun, perlu diperhatikan berapa ukuran kapasitor pompa air tersebut. Sebaiknya, gantilah dengan ukuran yang sama dengan kapasitor sebelumnya. Karena jika menggunakan ukuran yang berbeda, dapat mengakibatkan kerusakan pada dinamo mesin pompa air tersebut.

Ketika akan memasang kapasitor baru pada saat memperbaiki mesin pompa air, perlu diperhatikan jalur kabel kapasitor tersebut. Jangan berpatokan dengan warna kabelnya, karena setiap kapasitor biasanya memiliki warna kabel berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar tidak salah dalam pemasangan jalur kabel pada kapasitor pompa air. Berikut merupakan cara menyambung jalur kabel kapasitor pompa air yang benar.

Cara Menyambung Jalur Kabel Kapasitor Pompa Air


cara pasang jalur kabel kapasitor pompa air
Cara Pasang Jalur Kabel Kapasitor Mesin Pompa Air
Dinamo penggerak mesin pompa air rata-rata memiliki jenis gulungan 1 phase. Oleh karena itu, biasanya jalur kabel yang keluar dari dinamo mesin pompa air ada 3 jalur. Sehingga, ketika menyambung jalur kapasitor harus dilakukan dengan benar. Dan berikut merupakan beberapa tip yang perlu diperhatikan ketika menyambung jalur kabel kapasitor pompa air.


1. Sebelum melepaskan kapasitor pada mesin pompa air, perhatikan jalur kabelnya. Untuk menghindari lupa, sebaiknya di ambil gambarnya terlebih dahulu (di foto).

2. Lepaskan kapasitor dari tempatnya. Kemudian lepaskan jalur kabel yang terhubung dengan kapasitor tersebut. Lakukan dengan membuka pelindung kabel atau isolatipnya.

3. Pasang kapasitor yang baru dengan melihat rangkaian jalur kabel yang telah di foto tadi. Setelah itu bungkus kembali dengan isolatip. Untuk menyambung kabel kapasitor bisa bolak-balik (bebas).

4. Setelah itu, coba hidupkan mesin pompa air. Selesai.

Demikianlah ulasan mengenai cara menyambung jalur kabel kapasitor mesin pompa air. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Cara Pasang Jalur Kabel Kapasitor Mesin Pompa Air "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel