Cara Menyambung Kabel Otomatis Pompa Air

cara menyambung kabel otomatis pompa air listrik
Cara Menyambung Kabel Otomatis Pompa Air
Cara Menyambung Kabel Otomatis Pompa Air - Otomatis pompa air merupakan komponen mesin pompa air listrik berupa saklar yang bekerja secara otomatis. Saklar otomatis pompa air tersebut akan terhubung dan terputus oleh tekanan air yang mendorongnya.

Cara kerja dari otomatis pompa air ini sangat sederhana. Karena rangkaian otomatis pompa air ini berupa saklar yang digerakan oleh tekanan air yang mendorong pir. Dan pir tersebut akan mengubah posisi platina. Sedangkan fungsi platina tersebut yaitu sebagai alat penyambung dan pemutus aliran listrik pada mesin pompa air.

Saklar otomatis pompa air memang sering mengalami kerusakan. Ciri-ciri otomatis yang rusak, dapat diketahui beberapa hal, seperti mesin pompa air tidak mau menyala, mesin pompa air berbunyi cetak-cetak, dan mesin pompa air tidak bisa mati meskipun kran air telah ditutup.


Penyebab dari otomatis pompa air mengalami kerusakan tersebut pada umumnya karena faktor umur penggunaan mesin pompa air yang sudah lama. Namun, dapat juga disebabkan oleh kualitas otomatis pompa air tersebut yang kurang bagus. Sehingga, saklar otomatis pompa air tersebut akan cepat rusak.

Untuk memperbaiki otomatis pompa air yang rusak memang dibutuhkan ketelitian. Sehingga banyak orang yang memutuskan untuk membeli otomatis pompa air yang baru. Selain harganya terjangkau, proses perbaikan juga menjadi lebih cepat.

Namun, perlu diketahui bahwa memasang otomatis pompa air baru, dibutuhkan proses pelepasan, pemasangan, penyambungan kabel dan penyetelan otomatis pompa air tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini mengenai panduan awal sampai akhir cara menyambung kabel otomatis pompa air.


Cara Menyambung Kabel Otomatis Pompa Air 


1. Cara Melepas Dan Memasang Otomatis Pompa Air 

Sebelum melakukan penggantian otomoatis pompa air yang baru, pastikan air yang berada di mesin pompa air telah terbuang. Caranya yaitu  dengan membuka kran air hingga airnya tidak keluar (habis). Setelah itu, barulah melepas otomatis pompa air tersebut dengan cara :

  • Lepaskan kedua kabel yang mengarah ke otomatis pompa air.
  • Setelah kabel terlepas (terputus), lepaskan otomatis pompa air tersebut dengan memutar ke kiri.
  • Setelah otomatis pompa air terlepas, balutkan sealtape terlebih dahulu pada bagian drat (ulir) untuk menghindari terjadinya kebocoran.
  • setelah itu barulah memasang otomatis pompa air yang baru dengan memutar ke arah kanan sampai kencang.

2. Cara Menyambung Kabel Otomatis Pompa Air

Untuk menyambung kabel otomatis pompa air caranya sangat mudah. Kita hanya perlu mengingat posisi jalur sambungan kabel tersebut ketika belum di lepas. Jika lupa, tidak perlu khawatir, karena meskipun jalur kabelnya terbalik, otomatis pompa air akan tetap berfungsi.

Perlu diketahui bahwa rangkaian kabel otomatis pompa air hanya merupakan jalur satu arah. Dimana fungsi saklar hanya penyambung dan pemutus arus. Jadi, ketika menyambung kabel otomatis pompa air, sambungkan di satu jalur kabel saja. 

Setelah kedua kabel tersambung dengan benar, jangan lupa untuk membalutnya dengan isolatip untuk menghindari konsleting atau mesin pompa air nyetrum ketika dinyalakan.
3. Cara Setel Otomatis Pompa Air

Jika otomatis pompa air baru telah terpasang dengan benar, lakukanlah penyetelan pada otomatis pompa air tersebut. Untuk menyetel otomatis pompa air tersebut caranyas juga sangat mudah. Yaitu dengan memutar baut penyetel ke arah kiri atau kanan.

Baut penyetel tersebut berada di dalam otomatis pompa air. Jadi, jika akan melakukan penyetelan, bukalah terlebih dahulu casing (penutup) otomatis pompa air dengan cara melepas baut penguncinya.
Untuk melakukan penyetelan otomatis pompa air, lakukanlah dengan cara membuka dan menutup kran air. Jika kran air ditutup, maka mesin pompa air harus mati. dan jika kran air di buka, maka mesin pompa air harus nyala.

Jika kran air ditutup dan mesin pompa air tidak mau mati, putarlah baut penyetel ke arah kanan sampai mesin pompa air mati sendiri ketika kran air ditutup. Jika kran air dibuka dan mesin tidak mau nyala, putarlah baut penyetel ke arah kiri sampai mesin pompa air menyala sendiri ketika kran air dibuka.

Demikianlah uraian mengenai cara menyambung kabel otomatis pompa air. Semoga bermanfaat bagi yang sedang melakukan perbaikan mesin pompa air yang mengalami kerusakan pada saklar otomatis. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel