Cara Mengganti Bearing Mesin Gerinda

cara mengganti bearing mesin gerinda
Cara Mengganti Bearing Mesin Gerinda
Cara Mengganti Bearing Mesin Gerinda - Mengganti bearing atau laher merupakan hal yang sering dilakukan pada mesin gerinda tangan. Penggantian bearing tersebut biasanya dikarenakan oleh beberapa penyebab, diantaranya yaitu mesin gerinda berbunyi kasar, mesin gerinda macet, dan mesin gerinda bergetar saat digunakan.

Jika kita akan mengganti bearing pada mesin gerinda tangan, kita harus membongkar mesin gerinda tangan tersebut untuk melihat bearing yang mana yang harus diganti. Untuk langkah-langkahnya, silahkan baca ulasan berikut mengenai bagaimana cara mengganti bearing pada mesin gerinda tangan.


Cara Mengganti Bearing Mesin Gerinda


1. Lepaskan terlebih dahulu carbon brush yang melekat pada mesin gerinda tangan. Untuk melepas carbon brush tersebut ada dua macam. Jika carbon brush berada diluar, kita cukup melepas tutup carbon brush tersebut dan melepaskan carbon brushnya. Namun jika letak carbon brushnya di dalam, maka kita harus melepas body bagian belakang mesin gerinda. Lalu mengambilnya dengan cara melepaskan konektor carbon brushnya.

2. Setelah carbon brush terlepas, bukalah bagian kepala mesin gerinda tangan dengan melepas 4 baut penguncinya. Kemudian lepaskan kepala mesin gerinda tangan tersebut beserta armaturnya.

3. Cek kedua bearing yang melekat pada armature tersebut, jika terdapat bearing seret atau koclak, maka lepaskan bearing tersebut dengan menggunakan tracker bearing. Jika bearing telah terlepas, pasanglah bearing yang baru sesuai dengan nomernya.

4. Apabila bearing pada bagian armature dalam keadaan bagus, maka kita perlu mengecek satu bearing lagi yang terletak pada kepala mesin gerinda tangan. Atau tepatnya pada bagian gigi penghubung. yaitu dengan cara melepas penutup kepala mesin gerinda tersebut dengan melepaskan terlebih dahulu 4 baut penguncinya. 

5. Setelah terlepas, ceklah bearing yang terdapat pada gigi penghubung tersebut. Jika dalam keadaan rusak, gantilah dengan cara melepas gigi penghubung terlebih dahulu. Kemudian lepaskan juga ring pengunci bearing yang berada di kepala mesin gerinda tersebut. Setelah itu ambil bearingnya dan ganti dengan yang baru yang sesuai dengan nomernya. Kemudian pasang kembali gigi penghubungnya dan terapkan pada posisi semula.

Itulah cara mengganti bearing pada mesin gerinda apabila mengalami kerusakan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel