Cara Memperbaiki Cup Sealer

cara memperbaiki cup sealer
Cara Memperbaiki  Cup Sealer
Cara Memperbaiki Cup Sealer - Memperbaiki cup sealer yang mengalami kerusakan, sebenarnya bukan masalah yang sulit. Karena, sistem kerja cup selaer ini sangat sederhana. Yang perlu diperhatikan adalah cara membongkar dan cara memasangnya kembali. Dan itu hanya membutuhkan daya ingat saja.


Sebenarnya, mesin cup sealer ini bisa dibilang jarang mengalami kerusakan jika perawatannya benar-benar diperhatikan. Dan perawatan pada cup sealer sebenarnya sangat mudah, cukup mengelap dengan kain basah pada bagian yang kotor. Namun, bagaiaman jika cup sealer mengalami kerusakan? Jawabannya adalah harus memperbaiki cup selaer tersebut.

Lalu, apa saja jenis kerusakan cup sealer tersebut? Simak uraian berikut ini tentang macam-macam kerusakan yang sering terjadi pada cup sealer dan cara memperbaikinya.


Cara Memperbaiki Cup Sealer


1. Cup Sealer Tidak Mau Nyala


Penyebab mesin cup sealer yang tidak dapat dinyalakan yaitu kabel power putus, colokan kabel karatan, dan tombol power (saklar) rusak. Untuk mengetahui rangkaian mana yang tidak terhubung, dapat mengecek bagian-bagian tersebut secara bergantian dengan menggunakan multitester.

Jika masalahnya pada kabel power putus, kita dapat menyambung kabel tersebut atau mengganti dengan yang baru. Apabila colokan kabel (colokan) berkarat, kita dapat menggosok bagian yang berkarat tersebut dengan amplas halus. Namun, apabila mendapati saklar yang sudah tidak berfungsi, kita harus mengganti saklar tersebut dengan yang baru.

2. Cup Sealer Tidak Panas


Penyebab mesin cup sealer tidak bisa panas meskipun mesin telah dinyalakan yaitu tombol pengatur temperatur rusak. Atau bisa juga kabel yang menuju element pemanas terlepas atau putus. Cara mengatasi kabel element terlepas atau putus, kita dapat menyambungkan kembali kabel tersebut. Namun, jika tombol pengatur temperaturnya rusak, kita harus mengganti tombol temperatur tersebut dengan yang baru.

3. Cup Sealer Nyetrum


Penyebab dari mesin cup sealer yang nyetrum ketika dinyalakan yaitu adanya kabel yang terbuka (terkelupas) yang menempel pada kerangka mesin cup sealer tersebut. Untuk mengatasi masalah,  cukup mengecek setiap rangkaian dan jalur kabel yang terdapat pada mesin cup sealer. Jika menemukan kabel yang terkelupas dan menempel pada kerangka, tutuplah  kabel tersebut dengan menggunakan isolatip

Demikianlah uraian mengenai cara memperbaiki masalah kerusakan pada mesin cup sealer. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel