Penyebab Listrik Genset Tidak Stabil

penyebab listrik genset tidak stabil
Penyebab Listrik Genset Tidak Stabil
Penyebab Listrik Genset Tidak Stabil - Frekuensi listrik pada mesin genset yang tidak stabil, akan berpengaruh terhadap peralatan yang dihubungkan dengan mesin genset tersebut. Permasalahan ini terlihat dari rpm mesin genset yang naik turun, sehingga mengakibatkan frekuensi genset tidak stabil.


Penyebab frekuensi genset tidak stabil ini yaitu kurangnya perawatan pada mesin genset tersebut. Hal tersebut mengakibatkan adanya beberapa komponen mesin genset yang tidak berfungsi dengan baik dan benar. Sehingga menyebabkan tegangan listriknya genset selalu berubah dan tidak bisa tetap.

Untuk memperbaiki frekuensi listrik genset tidak stabil tersebut, tentu saja harus melakukan pengecekan pada bagian-bagian yang berhubungan dengan masalah tersebut. Dan berikut merupakan beberapa komponen yang menyebabkan frekuensi listrik mesin genset tidak stabil.


Penyebab Listrik Genset Tidak Stabil Dan Cara Mengatasinya


1. Karburator Kotor


Penyebab yang pertama dari tegangan listrik genset tidak stabil yaitu karburator kotor. Kondisi karburator yang tidak sehat karena kotor, biasanya biasanya ditandai oleh bunyi tersendat-sendat atau gas naik turun tidak beraturan.

Untuk mengatasi karburator kotor, yaitu dengan melakukan pembongkaran dan membersihkan seluruh komponen yang ada di dalam karburator tersebut. Bersihkan kotoran-kotoran yang mengendap dengan bensin sampai bersih.

2. Pir Gas Lemah


Pir gas merupakan sebuah pegas yang berfungsi untuk menarik klep karburator yang terhubung pada governormesin genset. Jika pir gas tersebut telah melemah, maka tidak dapat menahan tuas governor. Sehingga akan terjadi tarik menarik yang mengakibatkan gerakan klep karburator tersebut tidak teratur. Dan akhirnya penyuplaian bahan bakar pun tidak stabil yang menyebabkan rpm genset akan naik turun.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mengatur baut penyetel pir gas yang terletak pada tangkai gas mesin genset. Namun, jika sudah tidak dapat diatur lagi, maka harus mengganti pir gas tersebut dengan yang baru.

3. Oli Mesin Kurang


Penyebab selanjutnya dari tegangan mesin genset tidak stabil yaitu minyak pelumas (oli mesin) telah menyusut (berkurang). Namun penyebab ini hanya berlaku pada mesin genset 4 tak yang memiliki sensor  indikator oli pada mesin genset. Mesin genset yang kekurangan oli mesin tersebut akan terlihat dari indikator oli yang terus menyala.


Untuk mengatasi masalah ini, lakukanlah pengecekan oli mesin. Yaitu dengan melihat tanda batas level oli pada tutup pengisian oli mesin. Jika oli mesin telah berkurang, lakukanlah penambahan oli mesin. Namun, jika oli mesin terlihat hitam pekat, sebaiknya lakukanlah pergantian oli mesin pada mesin genset tersebut.

4. Kran Bensin Mampet


Kran bensin yang mampet pada mesin genset akan mengakibatkan keterlambatan penyuplaian bahan bakar. Akibatnya, karburator akan mengalami tekor dalam menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran pada  mesin genset.

Untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan membersihkan kran bahan bakar tersebut agar aliran bahan bakar menjadi lancar kembali. Sehingga, pembakaran pada ruang kompresi pun akan stabil.

Ddemikianlah ulasan mengenai penyebab tegangan listrik mesin genset tidak stabil. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel