Mesin Potong Rumput Cepat Panas

mesin potong rumput cepat panas
Mesin Potong Rumput Cepat Panas
Mesin Potong Rumput 2 Cepat Panas - Perawatan yang bagus dan penggunaan yang benar pada sebuah mesin, akan menjadikan mesin tersebut memiliki performa yang bagus dan juga awet. Jangan sampai kita memiliki sebuah mesin, namun tidak pernah merawatnya dan hanya menggunakannnya saja.

Perlu diketahui bahwa sebuah mesin merupakan rangkaian dari beberapa bagian yang terhubung menjadi satu untuk menghasilakan sebuah kinerja yang maksimal. Oleh karena itu, bagian-bagian tersebut harus diperhatikan secara rutin dalam jangka waktu berkala dengan baik.

Kesalahan penggunaan atau kurangnya pemeliharaan terhadap sebuah mesin, akan mengakibatkan mesin tersebut sering mengalami kendala dan memiliki kinerja yang kurang sempurna. Salah satu contohnya yaitu mesin akan menjadi cepat panas yang sering terjadi pada mesin potong rumput 2 tak.

Untuk dapat mengatasi mesin yang cepat panas pada mesin potong rumput 2 tak, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebabnya. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab mesin potong rumput 2 tak cepat panas.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput Cepat Panas


1. Oli Campur Pada Bahan Bakar Kurang

Perpaduan bahan bakar dengan oli campur yang kurang tepat pada mesin potong rumput 2 tak merupakan penyebab utama mesin menjadi cepat panas. Jika hal ini dibiarkan saja, maka lama kelamaan mesin akan macet dan tidak bisa dihidupkan.

Cara mengetahui kurang atau tidaknya campuran pada bahan bakar bensin campur dapat kita lakukan dengan mencelupkan jari ke dalam bahan bakar tersebut. Jika jari yang tercelup dan kita tiup langsung kering, maka sudah dipastikan oli campur pada bahan bakar tersebut kurang.

Jika mengalami hal seperti itu, segeralah untuk melakukan perpaduan kembali bahan bakar tersebut dengan benar. Untuk takaran normalnya, 1 liter bensin murni kita campurkan dengan 3 tutup oli campur.

2. Bearing Crank Shaft / Ker As Seret

Penyebab yang kedua dari mesin potong rumput 2 tak cepat panas yaitu bearing ker as seret / macet. Pada mesin potong rumput, terdapat 2 buah bearing yang melekat pada ker as.

Untuk memeriksa apakah bearing pada ker as tersebut seret atau tidak, kita dapat melakukannya dengan memutar ker as tersebut menggunakan tangan dalam keadaan busi terlepas. Bearing yang masih bagus, dapat kita tandai dengan putaran yang lepas tanpa beban jika ker as tersebut kita putar.

Jika kita mendapati bearing yang seret, maka kita harus mengganti bearing tersebut dengan bearing yang baru. Namun kita harus membongkar seluruh bagian mesin potong rumput tersebut.


3. Baling - Baling Pemotong Seret

Baling - baling yang seret pada mesin potong rumput dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antar lain adanya kotoran yang membelit pada rumah baling - baling, bearing rumah baling - baling seret, dan stempel pada tangkai gagang baling - baling habis.

Untuk memeriksa apakah baling - baling pemotong seret atau tidak kita dapat mengeceknya dengan memutar baling - baling tersebut dengan tangan dalam keadaan tangkai gagang baling - baling tersebut terlepas.

Jika mengalami masalah baling - baling seret pada mesin potong rumput, periksalah ketiga faktor yang telah disebutkan di atas dengan seksama. Jika terdapat kotoran pada rumah baling - baling, segeralah buang kotoran tersebut. Jika bearing yang terdapat pada rumah baling - baling seret, maka gantilah dengan bearing yang baru. Dan jika mendapati stempet habis, berilah stempet secukupnya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin potong rumput cepat panas. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel