Cara Mengganti Carbon Brush ( Spul / Arang ) Mesin Gerinda Tangan

Cara mengganti carbon brush
Carbon brush mesin gerinda
Salah satu penyebab yang mengakibatkan sebuah mesin gerinda tangan tidak bisa dihidupkan yaitu habisnya carbon brush / arang. Habisnya carbon brush tersebut dikarenakan oleh pemakaian mesin gerinda tangan yang memang sudah lama dipergunakan.

Untuk mengganti carbon brush yang telah habis pada mesin gerinda tangan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan terlebih dahulu letak dari carbon brush tersebut. Karena pada setiap mesin gerinda tangan, memiliki letak carbon brush yang berbeda - beda tergantung dari tipe setiap produknya.

Seperti yang terlihat pada contoh gambar mesin gerinda tangan di atas, gambar tersebut merupakan tipe mesin gerinda tangan yang memiliki rumah carbon brush di bagian luar kerangka mesin. Sehingga untuk mengganti carbon brushnya bisa dikatakan sangat mudah.

Namun untuk tipe mesin gerinda yang memiliki rumah carbon brush di dalam kerangka mesin, kita harus membuka tutup bagian belakang mesin untuk mengganti carbon brushnya. Dan berikut ini langkah - langkah cara mengganti casbon brush pada mesin gerinda tangan.

Cara Mengganti Carbon Brush / Arang Mesin Gerinda Tangan


A. Mesin Gerinda Tangan Tipe Rumah Carbon Brush Di Luar

1. Lepaskan kedua baut pengunci carbon brush yang terletak saling bersebelahan di kerangka mesin gerinda tangan. Untuk melepas baut tersebut kita hanya perlu menggunakan obeng min ( − ) dan memutarnya ke kiri.

2. Setelah baut pengunci carbon brus terlepas, ambilah carbon brush yang akan diganti tersebut.

3. Kemudian pasanglah carbon brush yang baru dengan ukuran yang sama seperti carbon brush yang lama.

4. Setelah carbon brush terpasang, tutuplah kembali dengan baut penguncinya. Selesai

B. Mesin Gerinda Tangan Tipe Rumah Carbon Brush Di Dalam

1. Lepaskan tutup mesin gerinda tangan bagian belakang dengan cara melepas baut penguncinya dengan menggunakan obeng.

2. Setelah tutup rangka mesin terlepas, bukalah pir penahan carbon brush dengan menggeser pir tersebut agar carbon brush yang akan diganti dapat diambil dengan mudah.

3. Ambilah carbon brush dengan melepas pengait carbon brush tersebut.

4. Pasanglah carbon brush yang baru dan kaitkan pengaitnya. Kemudian pasang kembali pir penahan seperti semula agar carbon brush tidak terlepas.

5. Pasang kembali tutup kerangka bagian belakang mesin gerinda tangan dan kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai

Begitulah langkah - langkah dalam mengganti dan memasang carbon brush pada mesin gerinda tangan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel