Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput Susah Hidup

cara mengatasi mesin potong rumput susah hidup
Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput Susah hidup
Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Potong Pumput Susah Hidup - Mesin potong rumput memang terkadang mengalami masalah. Dan salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin potong rumput yaitu mesin susah hidup.

Penyebab mesin potong rumput susah hidup biasanya disebabkan oleh penggunaan yang tidak benar dan kurangnya perawatan terhadap mesin tersebut. Sehingga performa mesin menurun yang mengakibatkan mesin susah dihidupkan.


Sebelum mengulas tentang penyebab mesin potong rumput  susah hidup, sebaiknya pahami dulu jenis mesin potong rumput. Jenis mesin potong rumput yang sering digunakan pada umumnya yaitu mesin potong rumput 2 tak dan mesin potong rumput 4 tak.

Untuk memperbaiki mesin potong rumput susah hidup, sebenarnya tidak begitu sulit yang  dibayangkan. Dengan catatan, kita telah paham dengan sistem kerja dan bagian-bagian (komponen) mesin potong rumput. Karena, jika telah memahaminya semuanya, pasti akan mudah menemukan penyebab kerusakannya. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab dari mesin potong rumput susah hidup.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Potong Rumput Susah Hidup


1. Sistem Pengapian Hilang 

Hilangnya sistem pengapian pada mesin potong rumput dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama yaitu jarak antara CDI dengan magnet terlalu renggang. Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengatur jarak kedua bagian tersebut dengan tepat sehingga menghasilkan pengapian yang bagus.

Faktor yang kedua yaitu CDI tidak berfungsi. Fungsi dari CDI adalah untuk mengatur waktu meletiknya api pada busi. Sehingga apabila CDI tidak berfungsi, maka busi pun tidak akan dapat meletikan nyala api. Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti dengan CDI yang baru.


Faktor yang ketiga adalah busi mati. Sehingga pembakaran pada mesin pun tidak akan terjadi dan mesin juga tidak akan bisa hidup. Untuk mengatasi cara ini sangatlah mudah yaitu dengan mengganti dengan busi yang baru.

Faktor yang keempat yaitu kabel massa CDI menempel pada bahan mesin. Kabel massa CDI ini memang digunakan untuk mematikan mesin. Namun permasalahan yang sering terjadi yaitu kabel massa CDI ini terkelupas dan menempel pada badan mesin. Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan meneliti jalur kabel massa CDI tersebut. Jika terdapat jalur yang terkelupas, tutuplah dengan menggunakan isolatip.


2. Karburator Banjir

Penyebab dari karburator banjir pada mesin potong rumput adalah bahan bakar yang bercampur kotoran. Bercampurnya kotoran tersebut biasanya terjadi pada saat pengisian bahan bakar. Dan itu terjadi karena saringan bensin yang telah rusak atau hilang. Selain itu, karburator banjir juga dapat disebabkan oleh pengaturan pelampung yang terlalu tinggi pada karburator.

Untuk mengatasi masalah ini, bongkarlah karburator dan bersihkan bagian - bagiannya menggunakan bensin sampai bersih. Setelah dibersihkan, rakitlah kembali dan aturlah ketinggian pelampung karburator dengan benar. 


3. Kompresi Hilang

Ada beberapa hal yang menyebabkan hilangnya kompresi pada mesin potong rumput. Hal yang pertama yaitu ring piston tidak mengembang. Hal ini biasanya dikarenakan oleh mesin yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasinya yaitu dengan membersihkan alur ring piston yang berada di piston.

Hal yang kedua yaitu block silinder telah aus atau baret. Penyebab dari masalah ini adalah kurangnya oli mesin. Kurangnya minyak pelumas mengakibatkan mesin cepat panas dan block silinder akan menjadi baret. Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti block silinder yang baru. Karena block silinder pada mesin potong rumput tidak bisa dilakukan over size.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab dari mesin potong rumput susah hidup dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel