Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput

cara menghidupkan mesin potong rumput
Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput
Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput - Sebelum mengoperasikan mesin potong rumput, pastinya terlebih dahulu harus paham mengenai bagaimana cara menghidupkan mesin potong rumput tersebut. Sehingga, ketika menggunakan mesin potong rumput akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara menghidupkan mesin potong rumput sebenarnya sangatlah mudah. Yang perlu diperhatikan dulu yaitu apakah mesin potong rumput tersebut 2 tak atau 4 tak. Dan kita harus paham mengenai perbedaan antara mesin potong rumput 2 tak dan 4 tak.

Bagi yang telah terbiasa menggunakan mesin potong rumput, pasti sudah paham bagaimana cara menghidupkan mesin potong rumput dengan benar. Namun bagi pemula yang baru akan menggunakan mesin potong rumput tidak usah bingung. Karena di artikel kali ini saya akan sedikit menguraikan bagaimana cara menghidupkan mesin potong rumput.


Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput


Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput 2 Tak 

1. Isilah tangki bensin dengan bahan bakar bensin campur. Bensin campur merupakan  perpaduan antara bensin dengan oli 2 tak. Perpaduan bensin campur tersebut harus tepat, yaitu sekitar 1 liter bensin dengan 3 tutup botol oli 2 tak.

2. Bukalah katup bensin supaya bensin mengalir ke karburator, biasanya katup bensin tersebut terletak di bawah tangki bensin atau di samping karburator.

3. Angkatlah tangkai choke karburator ke atas. Tangkai choke karburator ini terletak di bagian depan karburator.

4. Tariklah recoil starter ( tarikan starter ) secara perlahan sampai terasa ada tekanan, setelah itu barulah  tarik recoil starter tersebut dengan kuat.

5. Setelah mesin hidup, segeralah turunkan atau kembalikan tangkai choke ke posisi semula.

6. Untuk mematikan mesin potong rumput, gunakanlah tombol stoper yang terletak pada gagang baling - baling mesin potong rumput tersebut. Dan janganlah mematikan mesin dengan cara menutup choke, karena mengakibatkan mesin akan susah untuk dihidupkannya kembali.


Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput 4 Tak 

1. Isilah tangki bensin dengan bahan bakar bensin murni. Kemudian tuangkan oli mesin 30/40 ke dalam mesin tersebut sampai rata - rata air. Lubang pengisian oli mesin biasanya terletak berlawanan dengan lubang pengisian bahan bakar.

2. Pompalah bensin sekitar 5 kali pencetan sampai ruang pompa tersebut terisi penuh oleh bensin. Pompa bensin tersebut terletak di bagian bawah karburator.

3. Geser tombol power ke posisi ON. Tombol power tersebut biasanya berada di gagang baling - baling mesin potong rumput tersebut.

4.  Angkatlah tangkai choke karburator ke atas. Tangkai choke karburator ini terletak di bagian depan karburator.

5. Tariklah recoil starter ( tarikan starter ) secara perlahan sampai terasa ada tekanan, setelah itu barulah  tarik recoil starter tersebut dengan kuat.

6. Setelah mesin hidup, segeralah turunkan atau kembalikan tangkai choke ke posisi semula.

7. Untuk mematikan mesin potong rumput tersebut, geserlah tombol power ke posisi OFF. Dan janganlah mematikan mesin dengan cara menutup choke, karena mengakibatkan mesin akan susah untuk dihidupkannya kembali.

Begitulah cara menghidupkan mesin potong rumput. Dan caranya sangat mudah dan sederhana bagi para pemula yang akan menggunakan mesin potong rumput. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel