Tips Agar Mesin Genset Awet

tips+agar+mesin+genset+awet
Tips Agar Mesin Genset Awet
Tips Agar Mesin Genset Awet - Perawatan mesin genset harus di lakukan dengan benar. Agar mesin genset tersebut awet dan tetap efisien meskipun jarang di pakai. Sehingga, jika sewaktu-waktu mesin genset dipakai, mesin genset tersebut tidak mengalami kerusakan dan tetap memiliki performa yang bagus.

Merawat mesin genset, dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mesin genset tersebut. Oleh karena itu, perlu melakukan servis secara teratur agar mesin genset dapat lebih awet dan tahan lama.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat mesin genset yang benar? Jika belum atau tidak mengerti sama sekali, silahkan simak urain berikut ini mengenai tips panduan merawat genset agar awet dan tetap efisien.

Tips Agar Mesin Genset Awet


1. Penggantian Oli Mesin Secara Teratur

Jika mesin genset digunakan untuk keperluan sehari-hari, sebaiknya perlu melakukan penggantian oli mesin secara teratur. Karena, oli mesin pada mesin genset lama-kelamaan akan mengental dan berkurang apabila mesin genset tersebut sering digunakan.

Hal itu tentu saja akan menjadikan kinerja mesin genset berkurang dan mudah timbul permasalahan pada mesin genset tersebut. Sehingga perlu pengecekan rutin pada oli mesin. Untuk waktu yang ideal dalam mengganti oli mesin genset yaitu 100 jam pemakaian.

2. Hidupkan Mesin Secara Berkala

Jika kita memiliki mesin genset yang hanya digunakan pada saat mati lampu atau jarang dipakai, sebaiknya mesin genset tersebut dipanaskan secara berkala. Tujuan dari hal tersebut yaitu agar bensin yang berada di dalam karburator tidak mengendap. Karena, jika terjadi endapan bensin pada karburator, mesin genset akan susah dihidupkan atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Waktu yang disarankan untuk memanaskan mesin genset adalah 2 kali seminggu selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Namun, jika mesin genset digunakan untuk keperluan sehari-hari, maka tidak perlu melakukan pemanasan pada mesin genset tersebut.

3. Hindari Penggunaann Listrik Yang Melebihi Kapasitas Mesin Genset

Apabila kita akan menggunakan mesin genset untuk menghidupkan alat tertentu, sebaiknya kita cek terlebih dulu kapasitas daya listrik pada peralatan tersebut. Karena, jika kapasitas daya listriknya melebihi kapasitas listrik mesin genset, maka akan menyebabkan mesin genset tersebut mengalami kerusakan.

Sebaiknya, jika akan menggunakan mesin genset untuk menghidupkan peralatan listrik, janganlah melebihi kapasitas listrik mesin genset tersebut. Dan agar mesin genset lebih awet, gunakanlah dibawah kapasitas listrik mesin genset tersebut

4. Jangan Mematikan Mesin Genset Dengan Menutup Choke Pada Karburator

Salah satu hal yang sering dilakukan pada saat mematikan mesin genset yaitu menutup choke yang berada di karburator. Dan cara ini merupakan cara yang salah dalam menghentikan mesin genset.

Jika menutup choke pada karburator mesin genset, akan mengakibatkan busi hitam dan menyebabkan mesin genset susah dihidupkan. Sebaiknya, jika akan mematikan mesin genset, gunakanlah tombol start dengan memindahknnya ke posisi off.

5. Melepas Aki Saat Mesin Genset Tidak Digunakan

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena, apabila aki terus tersambung pada saat mesin genset dalam keadaan mati, aki tersebut akan mengalami penurunan voltase yang mengakibatkan tegangan arus yang tersimpan di aki akan berkurang.

Sehingga, pada saat akan menghidupkan mesin genset kembali, aki akan tekor dan tidak kuat menghidupkan mesin genset. Apabila terjadi masalah seperti ini, sebaiknya lakukan pengecasan aki terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin genset kembali.

Demikianlah uraian mengenai tips agar mesin genset awet dan tetap efisien. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel