Cara Mengatasi Mesin Gerinda Tangan Mati

cara mengatasi mesin gerinda tangan mati
Cara Mengatasi Mesin Gerinda Tangan Mati
Cara Mengatasi Mesin Gerinda Tangan Mati - Sebelum memperbaiki mesin gerinda tangan yang tiba-tiba mati saat digunakan, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika telah menemukan sumber masalahanya, barulah kita melakukan perbaikan pada mesin gerinda tersebut.


Hal yang harus diperhatikan ketika memperbaiki mesin gerinda tangan adalah jangan sampai setelah membongkar mesin gerinda tangan tersebut, kemudian lupa untuk merakitnya kembali.


Di bawah ini adalah penyebab dan cara memperbaiki mesin gerinda yang mati mendadak ketika dipakai. Dan kerusakan-kerusakan tersebut biasanya dipengaruhi oleh bagian-bagian dari mesin gerinda tangan yang sudah tidak berfungsi lagi. Apa saja bagian-bagian tersebut? Yuk, simak uraian berikut ini mengenai penyebab mesin gerinda tangan mati dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Gerinda Tangan Mati


1. Kabel Putus


Kabel pada mesin gerinda tangan merupakan penghubung antara mesin gerinda tangan dengan sumber listrik. Jika kabel putus, otomatis arus listrik tidak bisa mengalir dan mesin gerinda tangan tidak bisa hidup. Untuk mengetahui apakah terdapat kabel yang putus atau tidaknya, bisa mengecek kabel tersebut dengan menggunakan multitester.

Apabila menemukan kabel yang putus atau tidak terhubung, cara mengatasinya yaitu dengan menyambungkan kembali kabel yang telah terputus tersebut dan menutupnya dengan isolatip.


2. Saklar Rusak


Saklar adalah alat penghubung dan pemutus arus listrik. Sedangkan pada mesin gerinda tangan, saklar merupakan alat pengaman yang bertujuan agar kita tidak kaget pada saat menghidupkan mesin gerinda tangan tersebut apabila kabel telah disambungkan ke sumber listrik.

Namun apabila saklar pada mesin gerinda tangan  telah mengalami kerusakan, maka aliran listrik yang berasal dari sumber listrik tidak akan bisa sampai pada mesin gerinda tangan tersebut. Dan akhirnya mesin gerinda tangan pun tidak akan bisa untuk dihidupkan. Cara mengatasinya permasalahan ini yaitu dengan mengganti saklar yang telah rusak dengan saklar yang baru.


3. Carbon Brush (Spul) Habis


Penyebab yang selanjutnya dari kerusakan mesin gerinda tangan adalah carbon brush / arang telah habis. Jika arang pada mesin gerinda tangan telah habis, secara otomatis arus listrik yang mengalir dari sumber listrik pun akan terhenti dan tidak akan sampai pada rotor penggerak.

Dan akhirnya mesin gerinda tangan pun tidak akan bisa untuk dihidupkan. Permasalahan  ini sangat mudah untuk diatasi, yaitu dengan mengganti carbon brush yang telah habis tersebut dengan carbon brush yang baru.


4. Rotor Dan Stator Terbakar


Rotor dan stator yang telah terbakar bisa kita lihat dari bagian rotor maupun stator tersebut yang telah hangus atau terdapatnya goresan pada dinding rotor dan stator tersebut. Penyebab dari terbakarnya rotor tersebut biasanya dikarenakan adanya gesekan antara rotor dengan stator tersebut.

Gesekan dari kedua bagian tersebut akan mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek yang mengakibatkan kedua bagian tersebut akan terbakar. Hal itu biasanya dikarenakan oleh bearing rotor yang telah rusak sehingga putaran rotor pun akan menjadi tidak seimbang dan menyentuh stator.


Jika rotor dan stator telah terbakar maka disarankan membeli mesin gerinda yang baru karena biaya untuk mengganti kedua bagian tersebut hanya berselisih sedikit dengan mesin gerinda yang baru.

Begitulah kiranya ulasan dari penyebab dan cara mengatasi mesin gerinda tangan mati. Semoga bisa di pahami dan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita jika mengalami permasalahan - permasalahan pada mesin gerinda tangan seperti yang disebutkan di atas. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel