Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan

masalah+mesin+gerinda+tangan
Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan
Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan - Sering kali kita mendapati mesin gerinda tangan yang masih baru namun sudah mengalami masalah. Seperti, mesin gerinda tangan mati pada saat digunakan atau mengeluarkan api pada bagian carbon brush. Lalu bagaimana cara mengatasinya?


Nah, di bawah ini ada beberapa penjelasan tentang cara mengatasi masalah pada mesin gerinda tangan yang mengalami kerusakan. Silahkan dibaca untuk menambah sedikit wawasan dan pengetahuan mengenai mesin gerinda tangan.

Jadi, apabila sewaktu-waktu kita mengalami masalah tentang mesin gerinda tangan, kita dapat segera memperbaiki mesin gerinda tangan tersebut. Langsung saja kita bahas apa saja masalah-masalah yang terjadi pada mesin geinda dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Mesin Gerinda Tangan


1. Putaran Seret / Macet


Jika gerinda tangan anda mengalami hal seperti seret atau macet, bisa dipastikan mesin gerinda tangan tersebut mengalami masalah pada bearing. Hal ini biasanya di tandai oleh mesin gerinda tangan cepat panas.

Jika ada bearing yang bermasalah (seret, koclak, rontok), segeralah ganti dengan yang baru. Dan janganlah sampai lupa pada saat akan mengganti bearing, pastikan nomer bearing harus dengan nomer bearing yang akan diganti.

2. Tidak Bisa Hidup / Mati


Jika mesin gerinda tangan tiba tiba mati pada saat digunakan, pasti hal itu sangat mengganggu pekerjaan anda bukan? Jika mengalami hal semacam itu, langsung saja periksa pada bagian carbon brush. Jika carbon brush sudah habis, segeralah menggganti carbon brush dengan yang baru.

Namun jika carbon brush sudah diganti tetapi mesin gerinda tangan tersebut masih belum bisa hidup, maka ambilah multitester untuk mengecek bagian-bagian mesin gerinda tangan, seperti kabel, saklar, dan stator. Jika salah satu bagian tersebut ada yang tidak terhubung, maka gantilah salah satu bagian yang tidak terhubung tersebut dengan yang baru.

3. Bunyi Kasar


Untuk masalah yang satu ini, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Penyebab yang pertama adalah gear penghubung yang sudah aus atau rontok, sehingga menimbulkan bunyi yang sedikit berisik. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti gear penghubung yang rusak tersebut dengan gear penghubung yang baru.

Penyebab yang kedua yaitu bearing koclak, sehingga putarannya menjadi tidak seimbang dan tidak beraturan. Jika terdapat bearing yang koclak atau rusak, segeralah untuk mengganti dengan bearing yang baru.

4. Bau Gosong / Keluar Asap


Masalah bau gosong/keluar asap pada mesin gerinda tangan ini disebabkan oleh adanya gesekan antara armature dengan stator. Gesekan tersebut dapat terjadi karena pengaruh dari putaran armature yang sudah tidak seimbang.

Jika mengalami hal seperti ini, segeralah untuk mematikan mesin gerinda tangan tersebut. Karena jika mesin gerinda tangan yang sudah berbau gosong atau keluar asap, biasanya armature dan statornya mengalami kebocoran.

Dan solusi terbaik dari masalah ini yaitu dengan membeli mesin gerinda baru. Karena biaya untuk mengganti kedua bagian tersebut hampir sama dengan membeli mesin gerinda tangan yang baru.

5. Body Nyetrum Saat Dihidupkan


Masalah ini terjadi karena adanya kabel yang terkelupas dan menyentuh rangka mesin, sehingga pada saat mesin gerinda tangan tersebut dihidupkan akan nyetum.

Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengecek seluruh saluran kabel yang ada pada mesin gerinda tangan. Jika menemukan kabel yang terkelupas, maka segeralah untuk menutupnya dengan menggunakan isolatip.

Itulah beberapa masalah mesin gerinda tangan dan cara mengatasinya. Semoga bisa menambah ilmu yang bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel