Mengapa Mesin Gerinda Menyala Terang

Mengapa mesin gerinda menyala terang
Mengapa Mesin Gerinda Menyala Terang
Mengapa Mesin Gerinda Menyala Terang - Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi saat kita menggunakan sebuah alat yang dipakai secara terus menerus dan dalam waktu yang cukup lama. Diantaranya adalah ketika kita menggunakan mesin gerinda tangan. Mesin gerinda tangan yang menggunakan sistem putaran, pasti lama kelamaan akan muncul masalah seperti bagian yang aus atau pun rusak.


Kalau kita tidak rajin mengecek secara berkala, maka akan muncul masalah-masalah yang bisa berakibat mesin gerinda tidak berfungsi secara normal atau bahkan mesin gerinda tangan tersebut mati.


Salah satu masalah yang sering terjadi dari mesin gerinda tangan adalah keluarnya percikan pada bagian dalam kerangka mesin atau tepatnya pada bagian antara armature dengan carbon brush. Hal semacam itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Dan berikut ini adalah penjelasan tentang faktor-faktor yang menyebabkan nyala terang pada mesin gerinda tangan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Gerinda Menyala Terang Dan Cara Mengatasinya


1. Kolektor Aus


Mesin gerinda tangan yang menyala terang di bagian dalam mesin bisa disebabkan oleh ausnya kolektor pada bagian armature. Kolektor adalah bagian pada mesin gerinda tangan yang terletak pada bagian belakang armature. Bahannya terbuat dari kuningan yang lunak. Karena akibat dari gesekan dengan carbon brush secara terus menerus, maka lama-kelamaan akan mengalami aus dan habis.


Ciri-ciri dari kolektor yang telah aus bisa kita lihat dari adanya alur cekung yang lebarnya sebesar carbon brush pada kolektor tersebut. Jika cekungan tersebut belum terlalu dalam, kita masih bisa mengatasinya dengan cara mengamplas permukaan kolektor sampai menjadi rata kembali. Namun jika cekungan sudah dalam, cara mengatasinya adalah dengan mengganti armature yang baru.

2. Carbon Brush Terlalu Keras


Penyebab yang kedua dari mesin gerinda tangan yang menyala terang adalah carbon brush yang bahannya terlalu keras. Sehingga mengakibatkan gesekan yang kasar antara kolektor dengan carbon brush.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti carbon brush yang bagus. seperti apa sih carbon brush yang bagus? Carbon brush yang bagus biasanya berwarna hitam tetapi tidak terlalu pekat dan sedikit keabu-abuan.


3. Terjadinya Hubungan Arus Pendek


Satu hal yang bisa mengkibatkan hubungan arus pendek adalah kabel yang terkelupas. Karena digunakan dalam waktu yang lama, kabel akan panas dan meleleh. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya korsleting dan nyala terang.

Selain itu, hubungan arus pendek juga bisa disebabkan oleh kotoran yang menempel pada armature atau stator. Maka disarankan setelah menggunakan mesin gerinda tangan, harus membersihan sisa kotoran menempel pada mesin gerinda.

Itulah yang mungkin menjadi penyebab dari mengapa mesin gerinda menyala terang pada bagian dalam. Meskipun hanya sedikit ulasan namun semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel